Sunday, January 10, 2016

Kepekaan Umar bin Abdul Azis

Setiap kali Umar bin Abdul Azis membaca surat Al-Fatihah, ia menghayati ayat demi ayat dan diam sejenak di sela-sela setiap ayat. Ketika ditanyakan alasannya, beliau menjawab, “Aku ingin menikmati jawaban Tuhanku.”

***

“Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua bagian, dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta, apabila hamba berkata, ‘Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.’
Allah berfirman, ‘Yang Hamba-Ku memuji-Ku.’
Apabila hamba berkata, ‘Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.’
Allah berfirman, ‘Hamba-Ku menyanjung-Ku.’
Apabila hamba berkata, ‘Yang menguasai hari pembalasan.’
Allah berfirman, ‘Hamba-Ku memuliakan-Ku,’ atau berfirman, ‘Hamba-Ku berserah diri kepada-Ku.’
Apabila hamba berkata, ‘Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.’
Allah berfirman, ‘Ini antara aku dan hamba-Ku, dan baginya apa yang dimintanya.’
Apabila hamba berkata, ‘Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.’
Allah berfirman, ‘Ini antara Aku dan hamba-Ku dan baginya apa yang ia minta.’
(HR. Muslim)


Source: Buku Khowathir Qur'aniyah, Nazharat fi adhafi suwaril Qur'an, Karya Amru Khalid. Penerbit: Al-I'tishom

2 comments: